Tinggalkan komentar

Polisi Tangkap 27 Anggota KNPB Sentani

Ketua KNPB Sentani Saat Orasi Depan Sekretariat

Ketua KNPB Sentani Saat Orasi Depan Sekretariat

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sentani, 27 Anggota ditangkap Polisi pada tanggal 21 Mei 2015, di Polsek Sentani Timur Kampung Harapan Jayapura. Sebelumnya Aparat kepolisian Polres Jayapura dengan truk Dalmas dua, dua mobil avanza dan enam sepeda Motor Gross, datang di Kantor Sekretariat KNPB. Tujuannya untuk melarang anggota KNPB sentani tidak ikut aksi demo di Kantor DPRP. Polisi ijinkan Ketua KNPB Sentani Alen Halitopo yang bisa pergi ikut demo, selain Alen semua anggota tidak bisa pergi. Tetapi anggota KNPB sentani carter mobil untuk menuju Kota Jayapura ikut demo di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Menurut Alen Halitopo selaku ketua KNPB Wilayah Sentani, “kami mendukung penuh, Papua menjadi anggota MSG melalui aplikasih yang diajukan ULMWP, waktu lalu”, kata dia. Selain itu walau polisi hadang kami sikap dukungan kami terhadap Papua Barat kembali saudara-saudara kami di MSG jelas, tak bisa halagi lagi Polisi blokade demontan di Papua.

“Demo kami ini jelas, sesuai intruksi Presiden untuk buka akses Jurnalis Asing Masuk ke Papua dan buka ruang demokrasi di Papua, kenapa aparat masih melarang kami melakukan demo, padahal Presiden komando tertinggi di Republik ini, Polisi harus ikuti perintah itu”, tegasnya Alen Halitopo ketika Polisi hadang di Depan Sekretariat KNPB Wilayah Sentani (21/5/2015).

Dalam perjalanan dua mobil yang dimuat anggota KNPB Sentani untuk ikut demo telah dihadang Polisi di Kampung Harapan Polsek Sentani Timur, pada pukul: 10:09 WIT. 27 tujuh orang dari dua mobil ditahan dan memeriksa semua barang dalam mobil. Mereka semua diinterogasi polisi dari tahanan Polsek Sentani Timur. Dua lainnya ditahan dan 25 orang dilepaskan pada pukul: 12:00 WIT. Dua orang yang ditahan telah dilepaskan dari tahanan pada 16:00 WIT. Dua orang tersebut disiksa oleh polisi ketika interogasi tentang keterlibatan mereka dalam organisasi KNPB. Oni Tepmul mengaku “polisi pukul saya ketika saya berada di kursi hingga saya jatuh dari kursi, saya rasa sakit”, kata dia ketika dimita keterangan terkait penangkapan dirinya. Selain itu polisi memukul pukinus wonda hal yang sama, polisi memukulnya bagian muka dan kepala.

Berikut nama-nama yang ditangkap:

  1. Warius Enumby
  2. Derina Kosay
  3. Ince Assuk
  4. Melianus Serera
  5. Melius Taplo
  6. Petinus Kulua
  7. Otis Kepno
  8. Arni Sambom
  9. Jhon Kalakmabin
  10. Melly Bidana
  11. Lipen Taplo
  12. Frans Tepmul
  13. Firmus Tepmul
  14. Jorri Kelemen
  15. Joni Bahabol
  16. Ray Kogoya
  17. Roy Hiluka
  18. Piti Murib
  19. Lucky Kogoya
  20. Yakup Kogoya

Empat anak lainnya turun dari tengah jalan sebelum dimintai keterang ketika dipulangkan dari Polisi kerumah.

Yang ditahan di Polsek Sentani Timur, Kampung Harapan adalah:

  1. Oni Tepmul, dengan alas an memakai baju yang bergambar bintang kejora bagian depan dan bagian belakang burung mambruk lambang Papua Barat.
  2. Pikinus Wonda, Karena membawa pistol palsu, mainan kanakanak.
IMG-20150521-00183

Polisi Di Sekretariat KNPB Wilayah Sentani

IMG-20150521-00181IMG-20150521-00180IMG-20150521-00179IMG-20150521-00176IMG-20150521-00174

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s