Tinggalkan komentar

Pernyataan KNPB Sentani, Tolak 52 Tahun Indonesia di Papua Barat

SAM_0949Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sentani, Melakukan sikap protes atas hari Anekesasi Papua Barat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang ke 52 tahun pada 1 Mei 2015 di sekretariat KNPB Sentani. Sesuai rencana sebelumnya melakukan demonstrasi tetapi, akibat Polisi setempat memblokade setiap titik jalan utama sekita Sentani, maka KNPB Sentani tidak bisa melakukan demo damai.

Tanggal 1 Mei adalah dimana Indonesia, menduduki wilayah Papua Barat secara paksa, oleh karena itu semua orang Papua akan selalu memprotes atas pendudukan Indonesia di wilayah Papua Barat, maka seperti biasanya KNPB melakukan demo damai, namun kali ini, tidak bebas untuk melakukan demo karena tidakan aparat Indonesia di Papua bungkam demokrasi. Seperti ini hari dahulu Aparat militer Indonesia mengambil tempat titik jalan utama, untuk antisipasi KNPB akan melakukan demo damai.

Menurut Alen Halitopo Ketua KNPB Wilayah Sentani, “polisi secara paksa membatasi kami untuk melakukan demo damai, maka kami melakukan sikap protes dari sekretariat kami,” kata dia, dari sekretariat KNPB sentani ketika bersama-sama dengan anggotanya, ini hari 1 Mei 2015.

“Polisi sudah jaga dengan senjata lengkap di Pasar Lama, Pos 7, Sosial, Lapangan Theis, dan pertigaan jalan Genyem. Malam juga swiping di tempat-tempat titik utama ini, terpaksa kami lakukan kegiatan di sekretariat,” kata Alen Halitopo.

KNPB tetap optimis walau tindakan Polisi menutup ruang demokrasi di Papua, kegiatan sikap protes ini diadakan di sekretariat dan mulai pada pukul 13:00 WIT. Sementara itu Ketua I KNPB Pusat Agus Kosay turut hadiri kegiatan tersebut. Agus Kosay mengatakan pertama, Hari ini merupakan hari anekesasi secara paksa oleh Indonesia, sehingga hari ini rakyat Papua menyatakan tolak keberadaan Indonesia di Papua Barat; Kedua, Hari kami menyampaikan bahwa orang Papua ingin menentukan Nasib sendiri, maka harapan kami menjadi anggota MSG tahun 2015 ini secara penuh; Ketiga, Untuk mendukung ULMWP, kami di Papua melakukan demo tetapi penangkapan terjadi, di Manokwari 400 orang, Jayapura 50 orang, Kaimana 2 orang dan Merauke 16 orang hari ini terjadi.

Sebelumnya Kapolres Jayapura AKBP Sondang RD Siagian melarang lakukan aksi kegiatan apapuan di wilayah Sentani. Hal itu disampaikan langsung melalui Koran Metro Sentani dan telpon langsung kepada Ketua KNPB Wilayah Sentani Alen Halitopo, bahwa tidak boleh melakukan kegiatan apapuan dalam bentuk Ibada, Demo damai atapun dalam bentuk lain, di sector KNPB sentani dan sekretarian KNPB wilayah Sentani. Akan tetapi Alen tetap optimis memimpin aggotanya melakukan sikap protes di secretariat KNPB sentani. Namun pada kegiatana ini tidak ada halangan hingga selesai.

Bukti foto aparat menjaga ketat di jalan titik utama wilayah Sentani, serta kegiatan sikap protes KNPB sentani juga video dibawa ini silakan ikuti.

SAM_0951SAM_0952

20150501_10024320150501_08221620150501_095720-120150501_101120-1SAM_0949

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s