Tinggalkan komentar

Mengenang Tiga Tahun Pembunuahan Hubertus Mabel

Mengenang 3 Tahun Pembunuhan Hubert Mabel

Mengenang 3 Tahun Pembunuhan Hubert Mabel

Hubertus Mabel adalah seorang pejuang kemerdekaan. Hubertus menjabat sebagai Ketua Komisariat Militan pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Hubertus Mabel juga sangat berpengaruh, dan sangat terkenal dalam perjuangan. Dia merupakan satu pemimpina pemberani sama dengan Mako Tabuni, dalam memperjuangkan hak kemerdekaan rakyat Papua.Hubertus seorang mahasiswa yang exsodus dari Manado ke Papua pada tahun 2008. Selanjutnya dia dipercayakan sebagai Katua Komisariat Militan untuk menjalankan keputusan resolusi Kongres KNPB I di Kampung Harapan Jayapura Papua.

Selama menjalankan amanat kongres dalam pejuangan kemerdekaan Papua Barat, Hubertus tetap optimis dengan moto “Indonesia adalah Musuh Abadi Ku”, dengan semangat moto perjuangan terus diperjuangkan. Hubertus juga dipercayakan sebagai Ketua Panitia Konferensi Tingkat Tinggi TPN-OPM di Biak pada Pra KTT di Maribu sebelum KTT. Dia berhasil menghadirkan ratusan delegasi seluruh Papua, untuk melaksanakan kegiatan, maka konferensi telah sukses. Selanjutnya Rakernas TPNPB dilaksanakan selama dia menjabat sebagai Ketua Militan.

Namun dalam memperjuangkan hak kemerdekaan Papua Barat, Hubertus dan Tim lainnya Ke Wamena dari Jayapura. Sebuah rapat dilaksanakn di Lanijaya, setalah pulang beberapa lama kemudian, dia ditembak hingga tewas oleh Densus 88 Polda Papua di Wamena, pada tanggal 16 Desember 2012. Pembunuhan Hubertus Mabel disertai dengan penangkapan beberapa aktivis KNPB di Wamena. Mayat Almarhum dikuburkan di Wamena.

Untuk mengenang tiga tahun pembunuhan Hubertus Mabel, kali ini dilaksanakan di Jayapura Papua. Militan KNPB Pusat, anggota KNPB dan Pengurus KNPB memperingati hari pembunuhan Hubertus Mabel pada 16 Desember 2014, di Asrama Rusnawa Waena, Jayapura Papua. Kegiatan dimulai pada pukul: 13:30 WIT selesai pada pukul:15:00 WIT di Rusnawa Waena. Kegiatan mengenang pembunuhan Hubertus Mabel, disertai mengheningkan cipta, doa, cerita perjalanan hidup Hubertus dari pendidikan SD sampai Perguruan tinggi di Manado, Pulang ke Papua exsodus sampai menjalankan misi perjuangan kemerdekaan Papua Barat hingga ia ditembak mati, dan sambutan-sambutan lain disampaikan Ketua I KNPB Pusat Agus Kosay.

Kagiatan tersebut dengan thema dalam sebuah spanduk bertuliskan “Mengenang Semangat Nasionalisme Perjuangan Hubertus H. Mabel”, yang dibentangkan di depan acara di Asrama Rusnawa Waena.Sebentara itu, Agus Kosay dalam pidatonya menyampaikan “kita mewarisi semangat perjuangan Almarhum Hubertus dan Mako Tabuni, kemudian kita melanjutkan perjuangan ini tanpa memandang pesisir panatai, pulau dan pegunungan, kita bersama-sama berjuangan sampai Rakyat Papua menentukan nasib sendiri”, kata dia dalam pidatonya, kesempatan usai acara peringatan 3 tahun pembunuhan Hubertus Mabel dan Kelik Kwalik pada tanggal yang sama di Waena. Acara tersebut dihadiri puluhan anggota KNPB bersama pengurus Pusat KNPB. Selesai dari sejumlah acara, selanjutnya para hadirin salam-salaman dan makan bersama.

SAM_1978

Ketua KNPB Sentani

Ketua KNPB Sentani

 SAM_1983

SAM_1986SAM_1984SAM_1991SAM_1997

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s