Tinggalkan komentar

Aktivis KNPB Sentani Telah Meninggal Dunia

KRONOLOGIS

   Sentani  minggu  pada tanggal 26 May  2013, korban meninggal  dunia  atas nama

  1. Nama              :  Jecson   Iman Wenda,
  2. Jenis-kelamin  :    Laki-laki
  3. Umur               :     23  Tahun
  4. Pekerjaan        :  Activist  KNPB   Sentani
  5. Suku                 :  Lanny
  6. Kebangsaan     :   West Papua
  7. Agama             :    Kristen
  8. Denominasi Gereja:  Persekutuan Gereja-Gereja  Baptis Papua ( PGGP)

Keterangan  korban, Jecson Iman Wenda menjadi sebagai anggota KNPB Sentani pada tahun 2011. Almarhum adalah salah satu badan structural KNPB Wilayah Sentani, dia salah satu anggota dari Komisariat Diplomasi dari bidang Documentasi dan media Komite Nasional Papua Barat ( KNPB) Wilayah Sentani pada  tahun 2011 hingga masuk  tahun 2012. Tahun 2012 dia salah satu korban luka  tembak oleh   aparat kepolisian saat bentrok antar Polisi dan Masa Aksi Demo di Kampung Harapan.

Jekson Alami Luka Tembak Pada Demonstrasi  KNPB 

Almarhum. Jekson Iman Wenda

Almarhum. Jekson Iman Wenda

Jayapura pada tanggal  4-Juni 2012. KNPB melakukan Demonstrasi dalam rangka menyikapi beberapa rentetan penembakan terdahap 5 warga sipil di Paniai, 1 anggota KNPB di Jayapura dan 1 orang warga asing asal Jerman di Pantai Base G pada 29 Juni 2012.

KNPB mobilisasi umum pada 3 Juni 2012 kepada seluruh rakyat Papua di seluruh Papua,  pada hari  Senin 4 Juni 2012. Pada senin itu,KNPB Sentani bersama ratusan demonstran hendak menuju Abepura menggunakan 12  truk  yang dimuat masa aksi. Namun dari Talaga Maya Polisi handang demontran yang dipimpin KNPB Wilayah Sentani itu, Polisi suru kembali  kepada seluruh masa aksi yang dimuat 12 truk itu.

Saat perjalanan pulang kembali dari Kampung Harapan terjadi  bentrok antara Polisi dan masa aksi, pada insiden ini Jekson Wenda adalah salah-satu korban Luka tembak  dari  Polisi pada peristiwa ini. Jekson Wenda kena tembak  dibagian pinggang atas, selain itu dia dipukul oleh Polisi bagian kepala dan tubuh lainnya. Untuk diketahui kronologis selengkapnya pada link dibawah ini:

https://wpncnews.wordpress.com/2012/06/08/korban-penangkapan-pada-pasca-pembubaran-paksa-demonstra-knpb-di-jayapura-papua/#more-1320

Jekson Mengalami   Jatu Sakit

Jekson jatuh sakit menderita selama 10 bulan terhitung dari 4 Juni 2012- 25 May 2013, Jekson mengalami sakit karena dari dua sakit, pertama akibat Pukulan dan kena tembak oleh Polisi dan sakit Tumor kena di Jantung dan Usus pada tubuh dalam Jekson. Setelah Jekson sakit,keluarga almarhum lakukan upayah untuk  mendapatkan pertolongan  di rumah  sakit  umum di Abepura, tetapi tidak dapat ditolong. Akhirnya dari dokter  dirujuk ke rumah sakit  Dok 2 untuk mendapat perawatan selanjutnya  tetapi  tidak  juga tertolong, Kata Dokter ahli Tumor menyatakan sudah tidak bisa ditolong akhirnya keluarga almarhum bawa pulang ke rumah almarhum hingga Jekson meninggal  dunia pada tanggal 26  Mai 2013.

Duka dan Pemakaman Jenaza Almarhum

Jayapura   minggu   tanggal 26 May  2013, telah meninggal dunia Tuan Jecson Iman Wenda sebagai pejuang Bangsa  Papua Barat, dan Jenaza  disemayamkan dirumahnya di Sabron sari Gereja Baptis Papua, pada tanggal 27 Mai  acara duka  dilaksanakan  pihak Gereja, keluarga dan KNPB. Pemakaman  berlangsung dengan prosesi upacara  pengormatan  umum  dari Aktivis Komite Nasional Papua  Barat (KNPB)  Sentani serta  KNPB Pusat dan Solidaritas Hukum dan HAM di Papua.

Ucapan Turut Berduka  Cita

Seluruh Pejuang  Bangsa Papua, dari  Pengurus KNPB Pusat, Pengurus KNPB Wilayah Se-tanah Papua, Seluruh KNPB Konsulat dan seluruh elemen perjuangan Kemerdekaan Bangsa Papua, menyampaikan  ucapan selamat jalan Tuan  Jecson Iman Wenda  di pangguan Allah Bapa disurga.

By .Admin KNPB Sentan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s