Tinggalkan komentar

Aparat Gabungan TNI/Polri Menangkap 8 Warga Sipil Papua di Sorong

AIMAS Kab Sorong . Aksi kekerasan yang dilakukan oleh TNI,POLRI terhadap rakyat sipil, mulai tanggal 01 Mei sampai dengan hari ini, maka rakyat papua sampai hari ini tidak pernah aman karena ketakutan maka, kami mohon dukungan dalam doa sehingga rakyat kami ini boleh dapat hidup diatas tanah yang Tuhan Allah menembatkan di tanah moi. Papua ini dengan aman memperjuangkan hak politik kemerdekaan bangsa Papua.

Namun Setelah pemakaman dua anggota yang ditembak oleh Tim Kabungan TNI POLRI pada 1 Mei 2013 itu, maka dari perbagai pihak yang  datang negosiasi dengan pihak korban pada tanggal 03 Mei 2013 di tmpat duka,  yaitu dari pihak Adat, pihak Gereja, dan unsur pemerintahan daerah dalam hal Dr.Drs Stevanus Malak M.Si dan Wakapolda Brigjen.pol.Drs. Paulus Waterpauw didampinggi Irwas Kombes Pol. Drs Gde Sugianyar Dewi Putra dan sejumlah personil brimob Detasemen C Sorong, serta Jajaran polres sorong.

Rombongannya ke tempat kejadia. Untuk mencari keterangan teterangan atas penempakan yang terjadi 30/04 malam yang lalu. Namun setelah  satu hari lewat, Wakapolda Brigjen.Pol.Drs. Paulus Waterpauw serta anggota sores sorong dan Kab Sorong datang diadakan penyisiran di Aimas Kabupaten Sorong Pada hari sabtu 04 2013 pukul 08.20 WPB.

Pada saat itu semua keluarga sedang berduka atas dua anggota yang ditembak di medan perjuangan papua barat di pertahanan bpk isak kelaibin, maka TNIPOLRI bersama polda papua Wakapolda Brigjen.pol.Drs. paulus waterpauw menuju di tempat dimana rakyat sebentara berduka  lalu diadakan penyisiran terhadap rakyat sipil kota namun pada saat penyisiran oleh TNI POLRI temuai satu buah senpi SS1 dengan peluru Ratusan putir, di tambah dengan pana,pusur, parang dan tiga buah bendera bintang fajar serta seragam milik anggota TPN OPM yang ada di pertahanan bpk isak kelaibin di bawa keluar oleh TNI POLRI dan pada saat penyisiran juga ada penangkapan rakyat sipil 8 orang tersebut dibawa ini.
1. Obed Kamesrar Laki-Laki
2. Obaja Kemesrar Laki-Laki
3. Yordan Magablo Laki-Laki
4.  Hengki Magamis Laki-Laki
5. Burningsi istrinya Yordan
6.  Antho Sarup Laki-Laki
7.   Klemes Kodimko Laki-Laki
8. Dorsela klemes Perempuan

Namun penangkapan yang dilakukan oleh Kabungan TNI POLRI tersebut tidak melalui prosedur sesuai dengan hukum yang berlaku di seluruh indonesia yaitu tanpa surat perintah pengangkapan dan surat panggilan terhadap pelaku atau saksi jika ada masalah  dengan rakyat maka wajib melakukan penangkapan dengan surat perinta tetapi yang terjadi adalah tanpa surat.

Maka sampai hari ini 8 orang tersebut berada di polres Aimas. Kabupaten Sorong. Namun laporan ini  kami terima dari bapak Niko Yarfi. Dan juga dikonfirmasi langsung oleh bapak yopy mobilala melalui telepon dari tempat kejadian. Selanjutnya kami tetap ikuti terus keberadaan rakyat papua sorong kota maupun kabupaten.  Demikian laporan ini kami sampaikan atas kerja sama yang baik, kami sampaikan terima kasih.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s