Tinggalkan komentar

Rakyat Bangsa Papua Daerah yahukimo Memperingati Hari Aneksasi Bangsa Papua Ke NKRI | 1 Mei 2013 Hari Duka Nasional

Rakyat Bangsa Papua Barat Daerah Yahukimo Memperingati Hari Aneksasi Bangsa Papua Ke NKRI.

1 Mei 2013 Hari Duka Nasional

Yahukimo- KNPB-PRDNews, pada 1 Mei 2013 di tengah-tengah ancaman, terror, intiminasi oleh militer NKRI di West Papua, walaupun demikian Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Yahukimo telah melakukan Demo Damai.

Demontstrasi yang di kordinir oleh KNPB Wilayah Yahukimo berjalan aman dan lancar. Data yang berhasil di himpun  media nasional di lapangan, pada pukul 08.00 waktu Yahukimo, massa aksi demo damai yang melakukan demonstrasi di Lapangan Kantor Bupati Lama Dekai masuk dari tiga ara, antara lain dari ara Jln, Gunung, Jln, Seradala dan Ruko.

Ketika di tanya KNPBNews salah seorang koordinator aksi damai menjelaskan, “Kami telah mendapatkan ijin dari pihak kepolisian Kapolres Yahukimo untuk melakukan aksi demo damai hari ini, aksi hari ini pihak keamanan mengijinkan kami untuk melakukan demo damai sehingga tidak menjadi soal bagi keamanan di sini (Yahukimo)

Kronologis,  pada pukul 07.00 mobil komando melakukan patroli keliling kota Dekai kabupaten yahukimo. Pada 08.00 masa aksi melakukan lock mark dari tiga titik kumpul, menuju titik kumpul sentral di lapangan kantor Bupati Yahukimo lama. Masa aksi demo damai yang datang memadati lapangan tersebut dengan melakukan yel-yel Papua Merdeka, Referendum, dan Self-Deltermination bagi bangsa Papua.

Orasi-orasi politik terus berjalan bergantian, salah saorang kepada suku adat Yahukimo, mengatakan dirinya tidak perna takut dengan LMA buatan NKRI di yahukimo, “Saya di beri mandat dari 7 suku dan 5 sub suku besar di yahukimo, rakyat mempercayakan saya untuk membela hak-hak rakyat yang tertindas, di jajah dan di marjinalisasi oleh penguasa di atas tanaha air Papua Barat lebih khusunya daerah Yahukimo.

Saudara Rupanus Suhun, yang saat ini menjadi ketua LMA di Yahukimo, dia bukan LMA dari masyarakat adat melainkan dia itu LMA buatan NKRI, sehingga siapapun yang menjadi perlawanan dengan perjuangan suci rakyat bangsa Papua Barat maka ia itu bukan LMA.

Masi AY, dirinya juga siap bertanggung jawab atas seluruh masyarakat adat di yahukimo karena saya di percayakan untuk mengusur. Lanjutnya.

Selain itu di tempat yang sama, salah seorang orator dari perwakilan Persekutuan Gereja – gereja di Yahukimo mangatakan  selurh pimpinan gereja-gereja di yahukimo selalu berada di balakang rakyat yang tertindas, untuk menyuarahkan suara-suara yang di bungkam oleh penjajaha yang menjajah kita. Selanjutnya orasi dilanjutkan dengan beberapa orator lain.

1 Mei 2013 KNPB  dan PRD Wilayah Yahukimo Mengelarang Aksi Demo di Halaman Kantor Bupati Lama.

Namun kegitan 1 Mei 2013 telah berlangsung dengan aman dan tertib, walau berbagai pihak Intelejent dan LMA bahkan Intelektual Yahukimo (Pemeritah Kabupaten Yahukimo) dan sebagainya telah melakukan upaya provokasi terhadap rakyat Yahukimo untuk tidak mengikuti kegiatan 1 Mei 2013 karena hal ini dari pandangan pihak militer NKRI, LMA merupakan bertentangan dengan keutuhan Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI).

Untuk memperingati hari aneksasi Bangsa Papua Barat ke dalam Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI), yang TIDAK SAH, namun upaya mereka untuk memprovokasi Rakyat Yahukimo sia-sia, karena kegiatan tersebut telah dapat di sukseskan dengan baik oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Yahukimo bersama PRD Wilayah Yahukimo.

 1 Mei 2013 untuk memperingati hari aneksasi Bangsa Papua Barat ke Wilayah Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI) yang ILEGAL rakyat bangsa papua barat menjadikan hari aneksasi itu sebagai hari Duka Nasioal Bangsa Papua Barat.

Parlemen Rakyat Daerah Yahukimo (PRD) bersama KNPB sebagai Organisasi representative rakyat untuk memediasi aspirasi murni Rakyat Papua Barat untuk menuntut kepada Pemerintah Belanda, America Serikat, PBB dan Indonesia segera mengakui penentuan nasib sendiri (Sekf-Determination) sebagai solusi yang legal sesuai mekanisme Internasional.

Penjerahan administrasi Pemerintahan West Papua ke United Nation Temporery Autority (UNTEA) kepada perserikatan bangsa – bangsa (PBB)  selanjutnya, PBB menyerahkan kepada indonesia yang  tidak sesuai dengan Mekanisme Internasional dan juga menyimpang dari perjanjain  New York Agreement  yang mana mengatur tentang pelaksanaan penentuan pendapat rakyat (PEPERA) 1969 di riran harus dilakukan dengan cara “One Man One Vote”.

Untuk penentuan nasib sendiri bagi Bangsa Papua Barat sesuai dengan mekanisme Internasional tidak dapat terlaksana dengan baik, namun kenyataan yang terjadi pada saat itu PBB, America, Belanda, dan Indonesia melakukan MoU terselubung demi kepentingan Ekonomi Politik.  Hal ini benar-benar mereka melakukan pelecekan terhadap Hak Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua Barat.

Dengan demikian kesalahan ini perlu di luruskan sesuai dengan prinsip dasar Universal PBB.

Dengan demikian Rakyat Papua Barat menuntut kepada America Serikat, PBB, Belanda Indonesia agar segera mengakui perbuatan kotor , norma-norma Universal Perserikatan Bangsa-Bangsa,  karena dalam hal ini tidak di libatkan Rakyat pribumi West Papua.

Hal ini benar-benar melanggar kode etik mekanisme Internasional tentang Self Determination dengan demikian Rakyat Papua Barat menuntut, agar segera mengakui kesalahan dalam penjerahan Administrasi Pemerintahan West Papua dan segera Mereview Pepera  1969,  sebab di sinilah terdapat Kesalahan pelecehan Hak Penentuan Rakyat Papua Barat.

Sebab yang terjadi pada saat itu tidak sesuai dengan mekanisme Internasional untuk penentuan nasib sendiri (Self of Determination) bagi Rakyat Papua Barat.

Papua Barat  berada di bagian Barat New Guinea, Pulau tropis yang besar sebelah utaranya Australia- telah diduduki secara illegal oleh Indonesia sejak 1963  hingga kini kurang lebih selama 50 tahun.

Indonesia secara illegal memasuki  bagian barat pulau Papua dan menguasai tanah Papua dengan pendropan pasukan organik dan non-organik indonesia guna menguasai, mendiskriminasi, memarjinalisasi, mengexploitasi,   merampas dan membumi hanguskan bumi alam serta manusia Papua.

Papua di Integrasikan ke NKRI dengan rekayasa politik oleh napsu penguasa kapialisme  indonesia dengan kekuatan militernya sebelum pelaksanaan  penentuan pendapat rakyat pada  1969 di irian barat (Kini Papua Barat) yang  menyimpang dari Perjanjian New York Agreement dan Roma Agreement.

Inekrasi Bangsa Papua Barat ke dalam NKRI adalah awal malapetaka pemusnahan etnis Bangsa Papua di seantero tanah air papua Barat. Intekrasi Rakyat dan Bangsa Papua Barat oleh bangsa indonesia dengan kekuatan militernya yang memaksa kehendak NKRI adalah ILEGAL.  Karena intekrasi  wilayah bangsa Papua Barat dengan melipatkan Amerika, UNTEA, PBB dan Belanda adalah penjerahan sepihak tanpa melipatkan perwakilan dari bangsa Papua Barat yang merupakan pemilik wilayahnya.

Belanda mempersiapkan Papua Barat untuk menjadi sebuah negara yang merdeka penuh, sama seperti indonesia dan negara-negara lain di muka bumi. Niat baik Belanda mempersiapkan Papua Barat menjadi sebuah negara yang Merdeka di cium oleh penguasa kapitalisme indonesia. Seoharto pada 19 Desember 1963 di alun-alun utara jakarta  mengeluarkan tiga maklumat, diantaranya (1) BUBARKAN NEGARA BONEKA BUATAN BELANDA, (2) MOBILISASI UMUM DAN (3) KIBARKAN SANG MERAH PUTI DI SELURUH TANAH PAPUA.

Penyerahan Adminitrasi Papua Barat oleh UNTEA kepada indonesia tanpa sepengetahuan rakyat bangsa papua barat adalah  cacat moral dan cacat hukum, namum tetap saja Papua Barat di integrasikan ke NKRI melalui UNTEA PBB.

Perjuangan Papua Barat sejak tahun 1960-an sampai tahun 2000an, terjadi banyak tuntutan dalam bentuk apapun, namun dari tuntutan tersebut banyak terjadi korban nyawa orang papua yang menuntut haknya, dengan bergulirnya proses perjuangan yang dimana telah ditentukan oleh waktu yang bergulir.

Sekitar 2000 masa aksi yang sedang melakukan Duka Nasional, 1 Mei 2013,  di kantor Bupati lama Yahukimo, sebagian rakyat lain yang tidak ikut dalam aksi demo damai karena mereka sedang menyimpan barang – barang mereka yang di suru segera bawa keluar oleh Bupati Yahukimo DR  Ones Pahabol, SE, MM.

Bupati mengusir segain warga yahukimo yang selama ini tinggal di ruko-ruko. Mereka yang tinggal di ruko sebagian besar adalah Pegawai negeri Sipil (PNS).  KNPB berhasil menemui salah seorang PNS yang di usir dari ruko, ia  mengatakan bahwa kami semua yang tinggal ini sebagian besar PNS, kami sudah lama menempati tempat ini karena tidak ada perumahan pegawai yang di bangun oleh pemerintah. Jelasnya.

Kegiatan dapat berlangsung mulai star jam 08:00 sampai selesai 03:00, titik kumpul massa aksi demo di jalan gunung, Ruko, dan jalan Seradala. Sasaran aksi Demo di Kantor Bupati Lama Kabupaten Yahukimo.

Pada pukul 09-11.00 melakukan orasi – orasi politik dari sejumlah aktivist Papua Merdeka. Pada pukul 13.00 selesai kegiatan. Selanjutnya Ketua Parlemen Rakyat Daerah Yahukimo, membaca statemant politik. Statement politiknya  sebagai beriktu :

Pertnyataan Sikap Politik, 1 Mei 2013

  1.  Kami rakyat dan bangsa papua barat di yahukimo mendukung penuh keberadaan kantor oragnisasi papua merdeka di oxoprt yang di resmikan oleh walikota ingris pada 28 fepruari 2013.
  1. Mendukung penuh pernyataan Moana Carcasses Kalosil  perdana mentri vanuatu yang mana dirinya :

ü  Mendorong west papua untuk didaftarkan sebagai anggota tetap dalam melanesian spearhead groups (msg)

ü  Hak penentuan nasib sendiri bagi west papua akan diumumkan secara nasional dalam pernyataan rencana 100 hari kerja di kantor

ü  Memutuskan perjanjian yang dibuat antara pemerintah sebelumnya dengan indonesia di mana vanuatu menerima bantuan dari kepolisian dan militer indonesia.

  1. Kami rakyat bangsa papua barat di Yahukimo menolak dan menyatakan secara resmi bahwa keberadaan NKRI di atas tanah air Papua Barat adalah Ilegal.
  1. Kami rakyat dan Bangsa Papua Barat di Yahukimo tidak perna terlibat dalam intekrasi papua Barat ke NKRI dan kami bukan bagian atau bangsa indonesia, kami adalah bangsa papua barat.
  1. Hari ini 1 Mei 2013, Rakyat dan Bangsa Papua Barat memperingati 1 Mei sebagai Hari Duka Nasional Bangsa Papua.

Demikian laporan, berikut Photo-photonya.

DSC00034

 

 

 

 

DSC00038

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC00084

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC00067

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC00086

 

 

 

 

 

 

 

DSC00087

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s